Rabu, 10 Desember 2008

TEORI PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK MENURUT JEAN PEAGET


1. Teori Jean Peaget mengenai perkembangan kognitif
Hal terpenting yang erat kaitannya dengan anak-anak adalah memahami dunia dan memahami persepsi mereka tentang dunia termasuk dunia yang sangat kompleks serta pemahaman tentang perubahan persepsi mereka selam pertumbuhan dan perkembangan.
2. Proses kognitif
Modifikasi struktur kognitif sebagai hasil proses dan respon terhadap pengalaman, dalam hal ini terjadi penggunaan prinsip organisasi dan adaptasi. Organisasi adalah situasi pengintegrasian dan pengkoordinasian struktur fisik atau struktur psikologis kearah sistem yang lebih kompleks. Sedangkan adaptasi mencakup proses asimilasi dan akomodasi.
Asimilasi adalah proses belajar dimana informasi baru dimasukan atau digabungkan kedalam skemata yang ada tanpa perubahan besar dalam skemata. Sedangkan akomodasi mengacu pada proses belajar dimana skemata yang ada harus dirubah agar skemata tesebut sesuai untuk situasi yang baru.
3. tahap-tahap perkembangan kognitif menurut Jean Peaget
Peaget mengidentifakasikan empat tahap perkembangan kognitif anak sebagai berikut:
• Tahap Sensorimotor
Pada tahap ini alam pikiran anak masih sangat terbatas sehingga perlu adanya rangsangan dari luar. Tahap ini timbul kesadaran pada anak akan perlunya berbuat sesuatu untuk memperoleh apa yang diinginkan.
• Tahap pra operasional
Perilaku anak tahap pra operasional masih berlandaskan pengalaman yang konkrit seperti pada tahap sensori motorik tapi telah mengalami peningkatan berupa kemampuan untuk memahami tentang penggabunagan, urutan, penggolongan atau klasifikasi.
• Tahapan operasinal konkrit
Kemampuan untuk mengadakan klasifikasi masi bersifat konkrit dalam arti memahami bentuk luar saja, anak operasional konkrit masih sangat membutuhkan benda-benda konkrit dalam perkembangan kemampuan intelektualnya. Proses penting dalam tahapan ini yaitu pengurutan, klasifikasi, decentering, refersibility, konserfasi, penghilangan.
• Tahapan operasional formal
Pada tahap ini anak sudah berpikir abstrak yang meliputi kemampuan berpikir pada tahap operasional sebelumnya, ditambah kemampuan mengintegrasikan dalam struktur berpikir yang baru. Anak sudah berpikir reflektif dan berpikir evaluatif serta dapat mengontrol variabel dari berbagai variabel yang berpengaruh.
• Penerapan Teori Piaget dalam pengajaran IPA di SD
a. belajar melalui perbuatan
b. perlu berbagai fariasi kegiatan dalam proses belajar mengajar.
c. Guru perlu mengenal tingkat perkembangan siswanya.
d. Perlu latihan yang berulang untuk pengembangan berpikir berpikir operasional.
e. Kusus untuk siswa kelas tinggi, agar diberi kesempatan untuk mengembangkan pola berpikir operasional formal.

Tidak ada komentar: